IATMI SM STT MIGAS Balikpapan

Dari Kami Untuk Negeri

Drill String

Tinggalkan komentar

Ditulis:Donny Harko

Menahan Sebagian Berat Drill String

 

Menurut Hukum Archemedes : Apabila suatu benda dimasukkan kedalam suatu cairan,akan berkurang beratnya sebesar berat cairan yang dipisahkannya.Gaya Bouyancy lumpur bor dapat menahan sebagian berat drill string dan casing.Faktor buoyancy sebanding dengan densitas lumpur displacement dengan densitas baja pada rangkaian pipa bor.Oleh karena itu penambahan densitas lumpur menyebabkan penambahan gaya buoyancy.

Pada waktu membor, bit dan rangkaian pipa bor bergesekan dengan formasi sehingga menimbulkan panas. Selain panas yang ditimbulkan akibat gesekan juga panas berasal dari formasi itu sendiri, dimana semakin dalam formasi yang dibor semakin tinggi temperatur. Dengan adanya lumpur pemboran, maka panas tersebut dapat ditransfer keluar dari lubang bor. Lumpur pemboran dapat membantu mendinginkan drillstring dan menyerap panas dan melepaskannya, melalui proses konveksi dan radiasi, pada udara di sekitar mud pit. Lumpur pemboran juga dapat melumasi bit dan drillstring dengan menurunkan friksi drillstring dan bit dengan formasi yang ditembus. Untuk mendapatkan pelumasan yang lebih baik pada umumnya dapat ditambahkan sedikit minyak ke dalam lumpur.

 

  1. Dalam rangkaian pipa pengeboran (drill string) terdiri : atas bottomhole assembly (BHA) dan rangkaian pipa (drill pipe). Di dalam setiapjoin pipe itu terdapat pin dan box yang memiliki drat (ulir) yang sama sehingga bisa terangkai cukup panjang sesuai kebutuhan drilling program. Tidak semua kontraktor rig di indonesia memiliki drat rangkaian pipa yang sama semuanya (biasa di sebut connection), utk itu diperlukan semacam cross over sub utk menggabungkan kedua pipa tersebut. Biasanya panjang XO sub +/- 2 ft an. Di dalam drill string ada beberapa istilah sbb: XO-sub penghubung dua rangkaian yang memiliki drat yang berbeda
  2. Pup Joint pipa yang panjangnya tertentu i.e. 2 ft, 4 ft, 8 ft,dll, biasanya lebih pendek dari ukuran standar pipa. kegunaan pup joint ini utk membantu tally pipa agar total panjangnya pas sesuai kebutuhan. Atau pada saat running casing dengan drill pipe, maka pup joint digunakan agar stick up di atas rig floor tepat.
  3. Pipe  standar API ada 3 ukuran, yang di kenal dengan Range-1,Range-2, dan Range-3, yang paling panjang adalah R-3 biasanya 30 an ft (10 m).
Iklan

Penulis: IATMI SM STT MIGAS Balikpapan

Untuk mereka yang ingin mewujudkan mimpinya. Salam IATMI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s